KONTAINER:
Salah satu aspek pada CCU atau lifting point atau tempat untuk mengangkat CCU tersebut. Lifting point atau pad eyes dibuat dengan aturan tertentu sesuai dengan standar nasional. Beberapa aspek keselamatan yang harus diperhatikan pada kontainer:
- ISO corner fittings bukan untuk pengangkatan
- ISO Corner Lifting Castings harus dilengkapi dengan special design Pad-Eyes.
Penggunaan Lifting point yang salah
Penggunaan lifting point yang benar (pad eyes)
Pembuatan pad eyes:
-
Pad eye memiliki toleransi lobang yaitu 4% (DNV CN 2.7-1) atau 6% for BS EN 12079.
- Ketebalan Pad eye haruslah 75 % dari lebar shackle jaw
Lobang padeye terlalu sempit
Jenis Offshore containers:
Dibagi 3:
- Offshore Freight Container (dibuat untuk mengangkut barang)
- Offshore Service Container (dibuat dan dilengkapi dengan keperluan servis atau pekerjaan khusus, biasanya digunakan sebagai laboratorium, workshops, stores, power plants, control stations)
- Offshore Waste Skip (kontainer terbuka atau tertutup yang digunakan untuk penyimapanan atau pembuangan sampah)
Pengangkatan kontainer:
Pengangkatan kontainer di dermaga
Pengangkatan kontainer keatas tuck
Penurunan kontainer ketas dek kapal
Handfree tool digunakan untuk mengatur penurunan kontainer atau CCU tanpa menyentuh CCU tersebut.
Handfree tool untuk mendorong CCU
Handfree untuk mengait tali
BS EN 12079:
BS EN 12079 adalah British Standard yang menetapkan persyaratan untuk desain, manufaktur dan penandaan offshore barang dan layanan kontainer dengan berat kotor maksimum tidak melebihi 25.000 kg, yang dimaksudkan untuk penggunaan berulang ke, dari dan antara instalasi lepas pantai dan kapal. Untuk menghindari setiap kesalahpahaman, lingkup ini hanya merujuk pada desain dan penanganan Unit Pembawa Kargo (CCU).
Untuk terus meningkatkan keselamatan, semua keranjang (basket baru dan yang ada) harus mematuhi persyaratan tersebut.
CODE S (BS Standards) :
PERSYARATAN:
CODE S (BS Standards) :
- BS 12079-1:2006 Offshore containers and associated lifting sets –Part 1 : Offshore containers – Design, manufacture and marking
- BS 12079-2:2006 Offshore containers and associated lifting sets –Part 2 : Lifting sets – Design, manufacture and marking
- BS 12079-3:2006 Offshore containers and associated lifting sets –Part 3 : Periodic inspection, examination and testing
DESAIN DAN KONSTRUKSI (BS EN 12079)
SIMBOL
- Peringkat atau rating (R) yaitu berat kotor maksimum basket termasuk peralatan tetap dan muatannya, dalam kg; tetapi tidak termasuk lifting set.
- T (tare mass) yaitu berat wadah kosong termasuk peralatan permanen tetapi tidak termasuk kargo dan lifting set, dalam kg;
- P payload yaitu massa maksimum yang diizinkan kargo yang dapat dengan aman diangkut dengan kontainer, dalam kg;
- S massa mengangkat diatur dalam kg
CATATAN 1 : P = R - T
CATATAN 2 : R, T dan P yang, menurut definisi dalam satuan massa, kilogram (kg). Di mana persyaratan desain didasarkan pada gaya gravitasi yang berasal dari nilai-nilai ini, maka simbolnya menjadi Rg, Tg dan Pg yang dinyatakan dengan newton atau kelipatannya.PERSYARATAN:
- Sebuah kontainer lepas pantai harus memiliki kekuatan yang cukup untuk memungkinkan bongkar-muat dari kapal supply lepas pantai yang beroperasi dalam keadaan laut dengan gelombang setinggi 6 m dan untuk menahan dampak dari laut berat.
- Untuk mencegah kontainer dari terjungkir (tip) di dek, maka harus dirancang untuk menahan kemiringan 30 derajat ke segala arah, tanpa terjungkir saat dimuat pada berat kotor maksimum, dengan pusat gravitasi dianggap di setengah tinggi wadah. Untuk tujuan khusus kontainer (misalnya rak botol dan kontainer tangki) pusat gravitasi sebenarnya akan digunakan.
- Bagian luar wadah yang menonjol (protruding) lepas pantai yang dapat membentur kontainer atau struktur lainnya harus dihindari. Bagian yang menonjol (gagang pintu, cleat, dll) harus begitu ditempatkan sedemikian rupa atau terlindungi sehingga tidak mengenai lifting set-nya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar